Tuesday, May 29, 2007

Semprit Tepung Larut


Description:
Berhubung di rumah masih ada stok 1 kg tepung larut, diputuskanlah untuk membuat kue kering yang cepat & mudah.
Kuker yang satu ini, sederhana & mudah dibuat, enak dijadikan sebagai camilan sambil minum teh, "ngeteh lho......" hihihihi.

Ingredients:
150 gr butter
100 gr gula pasir
2 btr telur
1/2 sdt garam
260 gr tepung larut sangrai
25 gr susu bubuk

Directions:
1. Kocok mentega & gula sampai putih, masukan telur satu persatu.
2. Masukkan tepung larut & susu bubuk. Aduk rata.
3. Semprit adonan di atas loyang yang sudah dipoles mentega.
4. Oven dengan suhu 150 derajat selama kurleb 30 menit.

71 comments:

  1. haduuuhhh.... rajin men tho bukk... aku masih punya 3/4 kg tuu, bikinin semprit keju juga dooonggg... :D

    ReplyDelete
  2. kemarin bikinnya buru2x....sebelum pergi ke gereja, sekitar 45 menit-an deh selesai 2 resep....
    manggangnya suruh asisten....hehehehe
    boleh dikirim kesini tepung larutnya......nanti aku bikinin semprit keju..... :D

    ReplyDelete
  3. tepung larut = tepung arrowroot = tepung garut....
    mirip2x sagu, tapi beda.... :D

    ReplyDelete
  4. Huaaaaaaaaawwww :D mau donk...bagi bagi yahhh

    ReplyDelete
  5. mau donk...btw tepung larut itu ada di TBK juga mbak...maklum baru tau....apa sejenis ma tepung tapioka?

    ReplyDelete
  6. yuk yuk.....ini resep copy-an dari lenna lho....hihihi

    ReplyDelete
  7. tepung larut, kalau di jakarta susah dicari, yang saya tau ada di tbk Fortuna.
    kalau di surabaya sih banyak.....
    tepung larut itu dari umbi garut.

    ReplyDelete
  8. Emang pake tepung biasa ngga bisa ya Stella ?

    ReplyDelete
  9. bbbbbrrrrrrrggggg STELLAAAAAAAAAAAA! awas ya ntar nggak di bagi...aku tinggalin kamu ntar! udah tahu...belum lama ini aku kangen semprit.....ini...pamer di blog!

    ReplyDelete
  10. boleh digantiin sagu kok........tapi jadi semprit sagu.....hihihi

    ReplyDelete
  11. huahahaha......tar deh, moga2x sempet, aku buatin lagi.....yg ini udah abis.
    masih ada tepungnya, cukup buat 1 1/2 resep.... :D

    ReplyDelete
  12. Jadi inget lebaran klo liat kuenya ... Mau dunks °O°

    ReplyDelete
  13. tepung larut itu, tepung apa ya?

    ReplyDelete
  14. hallah... bukannya baru minggu lalu ngomongin tepung larut? kok kamu bisa udah dapet Stel?

    ReplyDelete
  15. hihihi.....bentar lagi lebaran yah? udah siap2x nih..... :D

    ReplyDelete
  16. udah lama punya, waktu itu beli 2 kg, masih ada sisa 1 kg ......di Fortuna ada jual kok.....

    ReplyDelete
  17. kebetulan lagi mudik kemarin beli tepungnya, coba ah.

    ReplyDelete
  18. cocok banget deh resepnya... :-)
    aku sih suka banget sama kuker ini........

    ReplyDelete
  19. boleh ya nyontek resepnya....aku masih punya 1 kg juga

    ReplyDelete
  20. ahhh tepung laruttt ..... jadi makin penasaran .....juli masi lama yak ..

    ReplyDelete
  21. di fortuna ada sih......tapi tar beli juli aja.....hehehe
    kemaren baru dpt ilmu tepung larut dari Jo, katanya tepung larut itu ada 3 kelas...
    kelas yg no.1 yg paling enak.... :D

    ReplyDelete
  22. kalau tepung larut diganti sagu tani bisa ngak ya??

    ReplyDelete
  23. bisa, cuma teksturnya sedikit beda....

    ReplyDelete
  24. halo stella, mo tanya cara nya ngesangrai tepung gimana? ada cara lain untuk mengsangrai? thanks alot

    ReplyDelete
  25. halo nadia, caranya seperti menggoreng saja, cuma tanpa minyak.....di gongseng gitu.....
    kalau mau cara praktis, di microwave 1-2 menit, tergantung banyaknya tepung :-)

    ReplyDelete
  26. thanks alot buat advise nya. entar g coba deh dgn di microvawe.

    ReplyDelete
  27. tapi kalau dengan microwave, ga bisa sekering di sangrai biasa....
    oya, waktu di microwave, separuh waktu, tepungnya boleh di aduk2x, biar keringnya lebih rata.
    alternatif lain, tepungnya di oven...

    ReplyDelete
  28. Wah, ntar cari arrowroot dulu ah... thx resepnya ya Stella

    ReplyDelete
  29. Ci, kalo mo di pakein keju gimana ya? Banyak tepung arrowroot di sini, dan lg pengen mkn kue kayak gitu. Eh pake sempritan plastik yg kayak buat bikin mawar bisa ndak? Modal ku cm ada sempritan itu sih. He...

    ReplyDelete
  30. boleh dipakein keju....pasti tambah enak. pake keju tua lebih enak lagi, seperti gouda, edam atau parmesan. kalau pake sempritan mawar, kayaknya agak susah yah nyempritnya, pokoknya cari aja yg ujung sempritannya luas, kalau saya sih pake spuit bintang.

    ReplyDelete
  31. Wah kudu beli sempritan kue kering nih. Ato ntar minjem temen aja akh. Soalle jarang bikin kue kering sih.

    ReplyDelete
  32. iya, mending pinjem dulu aja, lagian takut salah, soalnya ga semua spuit bisa untuk kuker.

    ReplyDelete
  33. Iya. Dl jg mo beli bread maker, minjem dulu buat ngetest. Eh ternyata enakan manual alias pake tangan sendiri.

    ReplyDelete
  34. enakan beli mixer gede buat ngulenin rotinya....kekeke
    abis itu terserah deh...... :-)

    ReplyDelete
  35. Stella, aku coba bikin kok ke enceran ya... padahal perasaan takaran udah bener apa telurnya kegedean? hihihi

    ReplyDelete
  36. bisa jadi karena telur atau kelembaban tepung...
    kalau kadar air di tepungnya banyak juga mempengaruhi, coba deh disangrai lebih kering... :-)

    ReplyDelete
  37. Wah kl bikin roti cm pake tepung 500gr. Ngotor2in mixer aja. Males nyucinya. Lbh gampang cuci tangan. he....

    ReplyDelete
  38. huehehehe......iya sih, enakan pake tangan, kalo cuma 500gr :-)

    ReplyDelete
  39. Thx ya Stel..nti kl aku dah nyoba bikin, aku kbrin deh gmn hasilnya hehehe...

    ReplyDelete
  40. selamat mencoba, aku tunggu kabarnya.....semoga sukses :-)

    ReplyDelete
  41. stell aku nyoba buat, tapi kok adonanku mbleber ya apa gara gara aku pake telur horen jadi besar2, akhirnya aku tambahin tepung hehehe...tapi lupa nambahin gula jadi ga manis :P. oh iya stell katanya ada semprit yang bikinnya pake santan?

    ReplyDelete
  42. bleber bisa kaerna beberapa sebab....bisa ngocok mentega kelamaan, bisa karena tepungnya lembab, jadi daya serap cairannya kurang, bisa juga telurnya kegedean...hihihi
    iya, ada semprit yg pake santan....susu/cream-nya aja diganti santan....aku sih lebih seneng pake susu/telur

    ReplyDelete
  43. mamaku suka semprit ingin nyobain kayak orang jual yg pake santan itu heheeh...:P, stell kalo yang pake santan juga pake mentega dan telur? kalo susu bubuk-nya diganti santan ga nyair ya jadinya?thank's stell

    ReplyDelete
  44. iya pake mentega & telur juga....cocoknya sih pake resep yg sagu keju...http://cikciks.multiply.com/recipes/item/62/Sagu_Keju
    coba deh ganti fresh creamnya dengan santan...kalau ga mau pake keju, gpp....

    ReplyDelete
  45. oh berarti udah bukan pake tepung larut ya stell? aku pernah dengar ada yang pake tepung garut, apa ada ya tepung garut? apa sama juga sama tepung larut itu? trims berat stell akan aku coba resepnya ntar aku kabarin kalo udah nyoba hehehe :P

    ReplyDelete
  46. resep yg ini sih pake tepung larut....tepung garut = tepung larut.
    yg resep sagu keju, sagunya bisa diganti dengan tepung larut, hasilnya sama2x enak, tapi teksturnya beda.

    ReplyDelete
  47. biasanya semprit lebih cocokan pake tepung larut atau tepung sagu ya?emang hasilnya bisa beda banget? very..5x thanks stella petunjuknya hehehe....stell ada buka usaha makannan ya? kok masakannya hebat-hebat.

    ReplyDelete
  48. tergantung selera....hihihi
    aku sih suka dua2xnya...hasilnya ga terlalu beda banget kok, beda di tekstur.
    aku baru rencana jualan homemade sosis...kalo sekarang sih kadang2x aja terima pesanan makanan....
    kalau masakan yg dipajang di blog....biasanya sih masakan2x yg aku suka....hihihi

    ReplyDelete
  49. kalo jualan homemade sosis pasti sukses hehehe...soalnya kelihatan enak dan banyak macam rasanya

    ReplyDelete
  50. lagi rencana juga sih... :-)
    cuma kalo ngeliat harga sosis di supermarket...ngeri liat harganya...hihihi
    ada yg sosis sapi curah 1 kg cuma 30rb-an....lah daging sapi aja sekilonya 50rb-an...nangis deh liat harganya yang ancur2xan.. :-(

    ReplyDelete
  51. kan kualitas dan rasa-nya beda, beda harga kan pasti beda kualitas hehehe... apalagi yang dijual murah gitu apa ga banyak bahan pengawetnya, dan bahannya pasti yang nggak ok.

    ReplyDelete
  52. hahaha....iya bener.....aku juga kalo mau jualan....maunya yg 90-95% daging, 5-10%-nya yah bumbu2x .... kalo 30rb sekilo, dagingnya palingan juga 10-20%....hihihi, yah mana balik modal kalo 90% daging.

    ReplyDelete
  53. iya, lagian apa pake daging yang kualitas bagus, iya kan. hehehe :P
    kamu hebat bikin makannan sayang kalo nggak bikin usaha makanan hehehe...:P. kok nggak dari dulu sih hehehe

    ReplyDelete
  54. hahaha.....dulu kan ga sempet masak....
    lagipula belajar bikin sosis ini, sampai jadi sosis yg enak, cukup lama....beberapa tahun gitu..
    ini aja harus belajar banyak lagi biar bisa lebih mantap... :-)

    ReplyDelete
  55. pantes di blog-nya stella paling banyak resep sosis ya hehehe...:P, kok bisa kepikiran usaha hommade sosis padahal masakan yang lainnnya kan juga hebat. rencana-nya mau buka toko?

    ReplyDelete
  56. hahaha....iya seneng aja bikin sosis, dan lagi di pasaran belum banyak sosis yg enak...pengen juga sih memperkenalkan sosis enak.....tidak hanya terbatas hotdog :D

    ReplyDelete
  57. iya jg skrng ini masih jarang banget sosis yg enak, pas banget deh mau usaha buat sosis apalagi stella benar2x memahami pembuatan sosis hehehe..:P pokoknya sukses ya hommade sosis-nya ;)

    ReplyDelete
  58. thanks yah...untuk dukungannya.....semoga bisa berjalan lancar sesuai dengan rencana :-)

    ReplyDelete
  59. cik Stella, apa kabar? tahun baru bikin apa aja?
    aku udah bikin semprit tepung larut ini, tapi kok jadinya basah sekali en ga gampang di semprit ya? jadi harus pake semprit yang kecil (utk hias tart) waktu dipanggang, bentuknya hilang, karena lumer, tapi rasanya enak :)
    Butter yg dipake itu apa yah? aku suka bingung antara butter en mentega. Waktu aku bikin, aku pake unsalted butter sesuai ukuran tapi tepung larutnya lupa disangrai, apa pengaruh jadi basah?
    Karena basah, akhirnya kau tambahi tepung larutnya, hasil akhirnya jadi kurang gurih :(
    Tolong ya cik, salah dimana ya/thanks berat
    dari nana

    ReplyDelete
  60. bisa jadi karena tepungnya lembab, jadi adonannya terlalu basah. tepungnya harus disangrai dulu sampai kering benar, baru ditimbang.
    pake unsalted butter atau mentega boleh2x aja kok. hasilnya sih enakan pake unsalted butter :D

    ReplyDelete
  61. Cik Stella,
    tadi online yah/ wah aku kelewatan, karena terima tel terus.
    Sekarang masi ol ga?
    Trims banget untuk jawaban expressnya :)

    ReplyDelete
  62. saya coba....pake tepung arrowroot.....
    kok tekstur dan rasanya beda sih dengan tepung tapioca?
    Saya lebih suka tepung tapioca...........

    ReplyDelete
  63. yup, memang agak beda..saya sendiri juga lebih menyukai yg tepung tapioca :D

    ReplyDelete
  64. ini tempat adonannya apa yah? ada ukurannya?

    ReplyDelete
  65. tempat adonannya? pakai wada biasa, baskom plastik atau stainless steel

    ReplyDelete
  66. mbak... telornya cukup kuningnya aja atau sekalian sama putihnya, tks

    ReplyDelete